Pengertian sertifikat SSL patut di ketahui

MreneSinau – Hari ini admin akan membahas Hal yang sangat penting yaitu mengenai sertifikat SSL, Mengapa sertifikat SSL ,,,,?? karena sertifikat SSL sangat berguna bagi keamanan data dari website yang anda kunjungi misalnya website kami //mrenesinau.web.id. Tak perlu panjang lebar kita langsung masuk aja ke intinya di bawah ini.

SSL Certificate atau Secured Socket Layer digunakan untuk mengamankan transmisi data melalui situs web. Transmisi data seperti informasi kartu kredit, nama pengguna dan password account, semua informasi sensitif lain harus diamankan untuk mencegah pencurian data pada saat proses transaksi online, dan lain-lain. Sertifikat SSL dapat mengamankan data tidak hanya diaplikasikan melalui situs web saja tetapi dalam transmisi email pun dapat dijamin dengan SSL ini.

Dengan SSL data menjadi terenkripsi sebelum melakukan transmisi melalui internet. Data yang telah terenkripsi dapat didekodekan hanya oleh server yang mana Anda benar-benar mengirimkannya sendiri. Ini adalah jaminan bahwa informasi yang Anda kirimkan ke situs web tidak akan dicuri atau dirusak.

Certificate SSL itu sendiri adalah kode rahasia besar, yaitu dengan ukuran mulai dari 1.024 Bit, 2048 Bit, hingga 4096 Bit. Sertifikat SSL kode ini harus diinstal pada server di mana situs web nama domain dijalankan. Ketika Anda mengakses situs web dijamin dengan sertifikat, Anda akan melihat gembok emas pada browser Anda. misalnya seperti gambar di bawah iniIndikator lain bahwa Anda terhubung ke situs web aman terdapat // di awal alamat URL-nya. Situs yang tidak memiliki installasi sertifikat di alamat URL hanya tertera // saja. Jika diklik pada bar biru / hijau nya maka akan muncul lagi keterangan lebih mengenai SSL yang digunakan nya tersebut.

Jenis-Jenis Sertifikat SSL 
Sertifikat SSL dibagi berdasarkan tipe website tersebut , berikut daftarnya

1. Domain validation – SSL jenis ini yang paling mudah digunakan dan juga tidak terlalu mahal. verifikasi yang dilakukan untuk registrasi jenis SSL ini hanya dengan email. Domain validation dilisensikan pada domain anda, sehingga website anda memiliki sertifikat sendiri/Private SSL.

2. Business/Organization Validation – SSL ini memerlukan dokumen berupa data organisasi atau perusahaan untuk verifikasinya. SSL ini biasa dipakai untuk website sebuah organisasi atau perusahaan

3. Extended validation – Terakhir ada Extended Validation , SSL jenis ini dapat diibaratkan SSL Premium karena memiliki nilai prestige yang paling tinggi dibanding jenis SSL diatas. memerlukan dokumen bisnis dan biaya lebih agar anda dapat menggunakannya, namun anda juga akan mendapatkan tingkat pengamanan lebih tinggi dan Green Bar pada address bar browser .

 

Perlu diketahui dari ketiga jenis SSL diatas, terdapat Wildcard SSL yang berguna untuk mengamankan domain dan seluruh subdomain dari domain utama anda (*.domain.com), sedangkan sertifikat SSL biasa hanya mengamankan www.domain.com dan domain.com

Terdapat berbagai macam penyedia SSL dari berbagai macam vendor, seperti RapidSSL, Comodo PositiveSSL, VeriSign Secure Site, dan lainnya. Setiap Vendor atau Certificate Authority berbeda satu dengan lainnya, termasuk biaya penerbitan SSL dan tingkat kepercayaan pengguna terhadap brand SSL.

Nah itulah tulisan singkat mengenai Pengertian sertifikat SSL patut di ketahui. Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat kepada kamu semua para pembaca. Jangan lupa tinggalkan komentar anda  di kolom bawah ini.

 

5 thoughts on “Pengertian sertifikat SSL patut di ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *