Simulasi Rangkaian Sensor Suhu LM35 Menggunakan Proteus

MreneSinau – Selamat malam Gayyysss,, kali ini admin akan membagi kami akan memberi sebuah tutorial “Membuat Simulasi Rangkaian Sensor Suhu LM35 Menggunakan Proteus” . Sebelum masuk lebuh jauh sebelumnya admin telah membagikan Software gratis yaitu Proteus 8 Professional 8.6 SP2 Full versionsebelum melanjutkan silahkan download software proteus tersebut karena aplikasi ini adalah aplikasi utama yang akan kami gunakan.

Aplikasi yang digunakan 
1. Proteus 8 Professional 8 (download Disini)
2. Codevision AVR 1.05.3     (download Disini)

Komponen yang di gunakan
1. ATmega32 – ATMEGA32 adalah mikrokontroler 8bit dari keluarga AVR dengan kapasitas penyimpanan programmable flash sebesar 32KB. ATMEGA32 merupakan salah satu produk IC mikrokontroler dari perusahaan mikrokontroler terkemuka, ATMEL.

2. Sensor LM35 – Sensor adalah alat yang mengubah suatu besaran menjadi energi listrik. Sensor suhu (temperatur) LM35 ini dapat memberikan output 8 -bit data yang menyatakan kondisi perubahan dari suhu lingkungan. Setiap terjadi perubahan suhu maka akan terjadi perubahan data output yang dihasilkan, dimana perubahan tersebut berupa perbedaan tegangan yang dihasilkan. LM35 sebagai alat deteksi temperatur memiliki karakteristik sebagai berikut:
1) Bekerja pada rating tegangan 4V s/d 30V.
2) Pembacaan temperatur berkisar antara  -55˚C s/d 150˚C .

3. LCD LMO16L-  LCD (Liquid Crystal Display) adalah modul penampil yang banyak digunakan karena tampilannya menarik. LCD yang paling banyak digunakan saat ini ialah tipe M1632 karena harganya cukup murah. LCD M1632 merupakan modul LCD dengan tampilan 2×16 (2 baris x 16 kolom) dengan konsumsi daya rendah. Modul tersebut dilengkapi dengan mikrokontroler yang didesain khusus untuk mengendalikan LCD.

Rangkaian

susun semua komponen-komponen diatas hingga menjadi rangkaian seperti ini

Pembuatan program
1. Buka Aplikasi Codevision AVR yang telah di install
2. Buat file Projeck baru
3. Pemilihan Chip sesuaikan pada gambar berikut ini


4. Port Sesuaikan fungsi pada rangkaian


5. Port Sesuaikan fungsi LCD pada rangkaian


6. ADC sesuaikan pada kondisi rangkaian


7. Tambahkan coding header

8. Tambahkan Deklasari variabel

9. Tambahkan coding utamanya sebagai berikut

Demikian sedikit Tutorial Membuat Simulasi Rangkaian Sensor Suhu LM35 Menggunakan Proteus. Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat kepada anda semua para pembaca. Jangan lupa tinggalkan komentar anda  di kolom bawah ini

4 thoughts on “Simulasi Rangkaian Sensor Suhu LM35 Menggunakan Proteus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.