Borland C++ Builder 6

Deskripsi

Apa sih Borland C++ Builder?
C++ Builder adalah suatu alat pengembang aplikasi (development tool) berbasis microsoft windows yang menerapkan konsep visualisasi.Dengan adanya visualisasi ini C++ builder menjadi mudah digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi secara cepat.Dengan C++ builder, kita dapat melakukan desain, testing, debugging maupun proses development aplikasi secara mudah.

Bahasa dasar yang digunakan dalam C++ builder adalah bahasa C++ yang sudah terkenal keampuhannya dalam hal pembuatan sebuah aplikasi atau program.Tapi harus diakui bahwa tingkat keteraturan dan kemudahan dari bahasa C++ relatif lebih rendah dibandingkan dengan bahasa object pascal, namun dengan mempelajari konsep-konsep yang terdapat didalamnya, tentu C++ akan menjadi bahasa yang mudah untuk dipahami dan digunakan.

C++ builder menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam proses pengembangan aplikasi sehingga mudah untuk digunakan oleh siapapun.Inilah yang menjadi salah satu alas an kenapa penulis lebih memilih bahasa pemograman Borland C++ builder disbanding bahasa pemogramana lain.

pengeksekusian yang didasarkan pada kejadian (event) tertentu.Dimana dari setiap kejadian itu terdapat sauatu kode program tersendiri yang disimpan sebagai suatu fungsi.Dan ini yang membedakan Bahasa C++ builder dengan bahasa pemogramana yang bersifat procedural dimana dimana proses pengeksekusian dimulai dari awal sampai akhir program secara beruntun.
Sekarang kita akan mengenali IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan yang ada didalam bahasa pemograman C++ builder. Didalam Builder IDE dibagi menjadi lima bagian yaitu Main Window, object Treeview, From designer, Object inspector dan Code editor. Dalam Borland C++Builder kita bisa membangun multi project secara simultan. Bahkan mampu membangun aplikasi database client/server performa tinggi, yang mampu:

Mengakses Microsoft SQL Server.

Mengakses Microsoft Access

Memakai Database desktop menggunakan Paradox7

Fasilitas apa aja yang tersedia pada Borland C++Builder 6

Secara umum fasilitas baru Borland C++Builder 6 terbagi atas enam kelompok besar, yaitu :

1. Akses Data
Borland C++Builder 6 menghadirkan banyak fasilitas baru yang mempercanggih aplikasi database, antara lain BDE (Borland database Engine), ADO (ActiveX Data Object), data binding dinamis, OLE DB pada interface COM (Component Object Model), Query Designer dan Database Designer, setup wizard dan Data Report, Data Source dan Window Data Viev, SQL Editor, kontrol FlexGrid, Data Repeater, Data Form wizard, dan Data Object wizard, File System Object, Format Object, kontrol DataGrid, Kontrol DataList dan kontrol DataCombo.
2. Internet
Fasilats internet yang disediakan meliputi aplikasi IIS, Aplikasi DHTML, Web Publishing Wizard, Pengembangan AsyncRead, serta dukungan ActiveX documents pada Internet Explorer dalam hal download ActiveX Documents.
3. Koleksi Kontrol
Banyak kontrol baru yang terdapat di Borland C++Builder, yaitu diantaranya SQLConnection, SQLDataSet, SQLQuery, SQLTable, SQLStoredProc, SQL ClientDataSet.

Integrated Development Integration

Integrated Development Integration ( IDE ) adalah bidang tempat kita bekerja untuk menghasilkan program aplikasi. Secara umum, IDE C++Builder dibagi menjadi lima bagian besar yaitu Main Window, Object Treeview, Form Designer, Object Inspector dan Code Editor.

Mengapa memakai bahasa C?

1. C adalah bahasa pemrograman yang paling populer saat ini
Dengan banyaknya programmer bahasa C, membawa pengaruh semakin mudahnya kita menemukan pemecahan masalah yang kita dapatkan ketika menulis program dalam bahasa C. Pengaruh positif lain adalah semakin banyaknya kompiler yang dikembangkan untuk berbagai platform (berpengaruh ke portabilitas).

2. C adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi
Program C yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita kompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C.

3. C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikit
Kata kunci disini adalah merupakan fungsi ataupun kata dasar yang disediakan oleh kompiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan C. Pengaruh lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C yang sangat cepat.
4. C adalah bahasa pemrograman yang fleksibel
Dengan menguasai bahasa C, kita bisa menulis dan mengembangkan berbagai jenis program mulai dari operating system, word processor, graphic processor, spreadsheets, ataupun kompiler untuk suatu bahasa pemrograman.

5. C adalah bahasa pemrograman yang bersifat moduler
Program C ditulis dalam routine yang biasa dipanggil dengan fungsi. Fungsifungsi yang telah kita buat, bisa kita gunakan kembali (reuse) dalam program ataupun aplikasi lain.

Link Download

Link 1 : Di sini

Link 2 : Di sini

Link 3 : Di sini

One thought on “Borland C++ Builder 6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.