Merubah Bahasa Mozilla Firefox ke Bahasa Indonesia

MreneSinau – Malam ini admin akan membagikan artikel menarik mengenai “Merubah Bahasa Mozilla Firefox ke Bahasa Indonesia bagi anda orang indonesia wajib di coba.
Semestinya menggunakan Mozilla Firefox dalam bahasa sendiri, yaitu bahasa Indonesia, lebih mudah dari pada Mozilla Firefox dalam bahasa Inggris, tapi sayangnya ada beberapa istilah yang janggal. Bahkan hingga kini istilah “mengunduh” dan “peramban” masih terasa tidak nyaman karena admin sudah terlanjur terbiasa dengan istilah “download” dan “browser”. Inilah yang menyebabkan admin lebih memilih Firefox versi bahasa Inggris. Meskipun demikian, disini admin akan menunjukkan bagaimana cara mengubah bahasa di Mozilla Firefox baik ke bahasa Indonesia.

Mengubah bahasa di Firefox tidak semudah mengubah bahasa di Browser Google Chrome. Kita perlu mendownload language pack terlebih dulu dan kemudian memasukkan bahasa tersebut ke dalam browser.

Satu hal yang perlu penting disini, jangan terjebak dengan opsi bahasa yang ada di Firefox. Opsi tersebut bukan untuk mengubah bahasa Firefox

Fungsi dari opsi tersebut adalah untuk mengubah prioritas bahasa yang ditampilkan pada website yang mengandung lebih dari satu bahasa (multibahasa).
Misalkan saja kita menambahkan bahasa Indonesia dan menempatkannya dalam posisi pertama pada daftar bahasa di atas. Apabila website yang kita kunjungi tersedia dalam beberapa bahasa dan salah satunya adalah bahasa Indonesia, maka website tersebut akan menampilkan isinya dalam bahasa Indonesia. Itulah yang dimaksud dengan opsi pengaturan bahasa di atas, jadi sama sekali bukan untuk mengganti bahasa interface (antarmuka) Firefox.

Lalu bagaimana caranya mengganti bahasa pada browser Firefox? Simak panduannya berikut ini.
Merubah Bahasa Mozilla Firefox ke Bahasa Indonesia
1. Install language pack untuk bahasa Indonesia dari halaman web ini: //addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/indonesian-langpack/

2. Setelah install, cek status language pack tersebut. Masuk ke halaman add-on Selanjutnya, klik menu Languages, lalu lihat pada bagian Bahasa Indonesia (ID) Language Pack dan pastikan statusnya sudah di-enable (aktif).

3. Ketik about:config di address bar, lalu klik tombol “I accept the risk!” atau tombol yang berwarna biru.

4. Ketik general.useragent.locale pada kolom Search.

5. Klik-kanan pada general.useragent.locale lalu pilih Modify.

6. Ganti en-us dengan id, klik Oke, lalu restart browser.

Caratan : Ada kemungkinan language pack tidak akan memberikan hasil seperti yang diharapkan setelah Firefox update ke versi yang lebih baru. Jika update Firefox berikutnya menimbulkan masalah pada bahasa, ada 2 pilihan untuk menanganinya: menunggu update language pack atau reinstall dengan versi Firefox.

Nah itulah tulisan singkat mengenai Merubah Bahasa Mozilla Firefox ke Bahasa Indonesia. Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat kepada kamu semua para pembaca. Jangan lupa tinggalkan komentar anda  di kolom bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *